Selasa, 1 Oktober 2013

Perkembangan Router

yosh.......... Sekedar repost aja mengenai sejarah router itu sendiri, Apa si itu ROUTER ??? LANSUNG SAJA baca dengan cermat..!!!


Router adalah salah satu komponen pada jaringan komputer yang mampu melewatkan data melalui sebuah jaringan atau internet menuju sasarannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atu lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan kejaringan lainnya.
1.1.Pengertian Router
Router adalah perangkat yang akan melewatkan paket IP dari suatu jaringan ke jaringan yang lain, menggunakan metode addressing dan protocol tertentu untuk melewatkan paket data tersebut. Router memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang mungkin memiliki banyak jalur diantara keduanya. Router-router yang saling terhubung dalam jaringan internet turut serta dalam sebuah algoritma routing terdistribusi untuk menentukan jalur terbaik yang dilalui paket IP dari system ke system lain. Proses routing dilakukan secara hop by hop. IP tidak mengetahui jalur keseluruhan menuju tujuan setiap paket. IP routing hanya menyediakan IP address dari router berikutnya yang menurutnya lebih dekat ke host tujuan.
Router sendiri berharga tinggi dan masih sulit dijangkau oleh kalangan masyarakat kita. Router Mikrotik adalah solusi murah bagi mereka yang membutuhkan sebuah router handal dengan hanya bermodalkan standalone computer dengan sistem operasi Mikrotik. Solusi termudah Sistem Operasi yang dikhususkan untuk networking, yaitu MikroTik Router OS yang terbukti murah dan handal dalam melakukan kerjanya sebagai router. Banyak digunakan di ISP (Internet Service Provider) sebagai Limit bandwidth, router pada warnet, Gateway pada Kantor, hingga pada kafe sebagai hotspot.
1.2.Fungsi Router
– Membaca alamat logika / ip address source & destination untuk menentukan routing dari suatu LAN ke LAN lainnya.
– Menyimpan routing table untuk menentukan rute terbaik antara LAN ke WAN.
– Perangkat di layer 3 OSI Layer.
– Bisa berupa “box” atau sebuah OS yang menjalankan sebuah daemon routing.
– Interfaces Ethernet, Serial, ISDN BRI.
1.3.Sejarah & Perkembangan Router
Pada awal 1980-an, ada sepasang suami istri yaitu Len dan Sandy Bosack yang dulu bekerja di dua departemen komputer yang berbeda yang terletak di StanfordUniversity. Pasangan ini sedang menghadapi masalah dalam membuat komputer mereka berkomunikasi satu sama lain. Untuk mengatasi masalah ini, mereka membuat sebuah server gateway di ruang tamu mereka yang menuju cara sederhana membuat dua departemen berkomunikasi satu sama lain dengan bantuan protokol IP. Mereka mendirikan cisco Systems (dengan c kecil) pada tahun 1984, memiliki server gateway komersial kecil yang membawa sebuah revolusi dalam Networking. Nama perusahaan diubah menjadi Cisco Systems, Inc pada tahun 1992. Advanced Gateway Server (AGS) adalah produk pertama yang dipasarkan perusahaan. Setelah ini datang Mid-Range Gateway Server (MGS), Compact Gateway Server (cgs), Integrated Gateway Server (IGS) dan AGS +.
Akhirnya menciptakan router cisco 4000, 7000, 2000, dan 3000 series. Router ini masih ada dan meningkatkan setiap hari. Cisco adalah pemimpin besar dunia ketika datang ke jaringan untuk Internet. Produk perusahaan ini mengarah pada kemudahan dalam mengakses dan mentransfer informasi terlepas dari perbedaan waktu, tempat atau platform. Sertifikasi CCNA adalah sertifikat yang pertama dalam jajaran sertifikasi Cisco dan merupakan pendahulu untuk semua sertifikasi Cisco. Program CCNA dibuat untuk memberikan dasar yang kokoh yang tidak hanya untuk Cisco Internetwork Operating System (IOS) dan hardware Cisco, tetapi juga internetworking secara umum. Untuk mendapatkan Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE) maka Ciscon membuat suatu seri sertifikasi, yaitu:
1.      - CCNA (Cisco Certified Network Associate)
2.      - CCNP (Cisco Certified Network Professional)
3.      - CCIE (Cisco Certified Internetwork Expert)


Perkembangan Router

Dengan perkembangan industri di rute China, teknologi router juga dalam inovasi konstan dan upgrade, dari generasi pertama ke generasi kelima, routing teknologi merupakan langkah maju untuk cerdas, peran dalam jaringan komunikasi yang lebih penting, untuk mencapai fleksibilitas bisnis dankombinasi kinerja tinggi.

a. Generasi pertama teknologi penerus: forwarding terpusat, pertukaran bus
Khas produk: Huawei Quidway router seri R2500.

Jaringan IP pertama adalah tidak besar, gateway untuk menghubungkan peralatan yang dibutuhkan untuk menangani beban dan sangat kecil.Kali ini gateway (router) pada dasarnya adalah sebuah komputer dengan memasukkan kartu antarmuka jaringan multi-pendekatan untuk mencapai blok.kartu Interface dan unit pengolahan pusat (CPU) yang terhubung antara bus internal melalui, CPU bertanggung jawab atas semua transaksi, termasuk koleksi routing, alamat forwarding, manajemen peralatan.Setelah interface jaringan yang menerima paket melewati bus internal CPU, CPU setelah selesai semua proses berlalu keluar dari interface jaringan yang lainnya.


b. Kedua teknologi generasi penerus: + fokus didistribusikan forwarding, modul antarmuka, pertukaran bus

Khas produk: router Huawei Quidway seri R3600.

Karena setiap pesan harus dikirim melalui bus, pemrosesan CPU, dengan meningkatnya pengguna internet, meningkatkan lalu lintas jaringan, jumlah interface, bandwidth bus dan kemacetan CPU pada semakin menonjol.Jadi wajar untuk memikirkan bagaimana meningkatkan jumlah antarmuka jaringan, bagaimana beban CPU dan bus turun? Untuk mengatasi masalah ini, teknologi generasi kedua router pada kartu antarmuka jaringan untuk sejumlah penanganan yang cerdas akan mengunjungi sesering jaringan Yong Hudari beberapa tempat, sehingga Anda dapat mempertimbangkan beberapa teknologi informasi routing umum tetap dalam bisnis dengan kartu antarmuka Cache, sehingga sebagian besar pesan bisa langsung melalui papan depan bisnis Cache tabel routing untuk mengurangi bus CPU dankebutuhan.Cache tidak dapat ditemukan untuk paket yang dikirim ke pemrosesan CPU.


c. Ketiga-generasi penerus teknologi: forwarding didistribusikan, pertukaran bus
Khas produk: Huawei Quidway NetEngine router seri 16/08.

90 tahun setelah munculnya teknologi Web untuk jaringan IP telah perkembangan yang cepat.Internet akses pengguna ke permukaan sangat melebar, di mana pengguna akses yang tidak tetap, sehingga sering tidak dapat menemukan rute dari fenomena Cache, sehingga bus dan kemacetan CPU lagi.Selain itu, sebagai pengguna meningkat, terbatasnya jumlah teknologi interface router juga terkena.Untuk mengatasi masalah ini, teknologi generasi ketiga penerus muncul menjadi ada.Generasi ketiga dari arsitektur sepenuhnya didistribusikan teknologi router - pemisahan teknologi routing dan forwarding, mengendalikan dewan manajemen yang bertanggung jawab untuk peralatan dan routing koleksi, komputasi, dan untuk menghitung transportasi forwarding seterusnya Wu Ye Xing papan Cheng; papan bisnis GeMenurut forwarding rute disimpan ke depan diarahkan secara mandiri.bus lain juga telah pengembangan yang cukup besar, dengan bus, data bisnis ditransmisikan antara dewan benar-benar independen dari panel kontrol, untuk mencapai pemrosesan paralel berkecepatan tinggi, membuat kinerja pengolahan teknologi router meningkat beberapa kali.

d. Teknologi Generasi Keempat Router: ASIC didistribusikan forwarding, pertukaran jaringan

Khas produk: Juniper M40/160 seri.

Akhir tahun sembilan puluhan, dengan komersialisasi jaringan IP, teknologi Web muncul kemudian, teknologi internet merupakan pengembangan belum pernah terjadi sebelumnya, pengguna internet meningkat dengan cepat.Jaringan lalu lintas khususnya, lalu lintas jaringan inti untuk meningkat secara eksponensial, teknologi berbasis perangkat lunak router IP tradisional belum mampu memenuhi kebutuhan pembangunan jaringan.Untuk pelabuhan umum 2.5G POS node backbone, misalnya, paket IP minimum sesuai dengan 40 byte, 2.5G POS-port kawat-kecepatan arus sekitar 6.5Mpps.Dan kebutuhan untuk meliputi kegiatan pengolahan paket, seperti jaminan QoS, routing lookup, frame header dua-cerita strip / menambah dan operasi kompleks lainnya untuk pendekatan tradisional adalah mustahil.Jadi, beberapa produsen membuat implementasi ASIC, itu mengedepankan semua detail dari proses semua cara untuk mengimplementasikan penggunaan perangkat keras.Juga sejalan dengan palang bertukar atau berbagi solusi memori untuk masalah pertukaran internal.Dengan cara ini, kinerja dari teknologi router untuk Gigabit, yang sebelumnya Gigabit Switch Router (Gigabit Switch Router, GSR).

e. Teknologi generasi penerus Kelima: prosesor jaringan terdistribusi forwarding, pertukaran jaringan

Khas produk: Huawei Quidway NetEngine seri 80/40.

Dari atas kita bisa melihat proses pembangunan, setiap kali dengan kemajuan teknologi karena munculnya kebutuhan pengembangan bisnis baru.Namun, era Internet pertama gelembung, kontradiksi utama dalam kinerja forwarding router, jadi empat generasi pertama router, peningkatan terbesar adalah kecepatan teknologi.Namun, perkembangan Internet broadband, sambil bernyanyi bersama, sebagai dasar untuk kekurangan dalam teknologi jaringan IP lebih terbuka dan lebih lengkap.Jaringan manajemen tidak dapat beroperasi tanpa masalah, kelangkaan alamat IP, IP Kualitas Layanan masalah, masalah keamanan IP merupakan hambatan serius untuk pengembangan lebih lanjut dari jaringan.Dengan ledakan gelembung Internet broadband, orang-orang yang mendalam diri pemeriksaan - nilai bisnis yang nyata adalah jaringan, semua persyaratan teknis harus dilakukan di sekitar bisnis.Teknologi baru juga muncul, seperti manajemen jaringan, manajemen pengguna, teknologi manajemen bisnis, teknologi MPLS, teknologi VPN, teknologi multicast dikendalikan, teknologi IP-QoS, teknologi rekayasa lalu lintas.

Generasi Kelima IP Router Teknologi untuk memenuhi kebutuhan bisnis
Munculnya teknologi generasi penerus kelima, yang sangat memuaskan data saat ini, suara, gambar permintaan sintesis bantalan, dan sangat meningkatkan dukungan kapasitas jaringan VPN MPLS.Sebagai teknologi penerus generasi kelima dalam bisnis memiliki fitur yang kuat pada tepi, ia telah menjadi tulang punggung pembangunan jaringan broadband saat ini, konvergensi jaringan pilihan.Dengan mengurangi biaya operasi jaringan dan lebih diperkaya dengan teknologi generasi kelima dari prosesor jaringan ke jaringan teknologi router adalah sebuah pengembangan yang lebih low-end.

nah..... kalian udah tau kan apa itu router ? kalo belum jelas nyelem lagi GAN...!!! haikhaikhaik  :) :)




nah semoga bermanfaat, dan terimakasi kepada blog yang memposting ini lebih lengkapnya
klik disini

Tiada ulasan:

Catat Ulasan